Tips Agar Bisa Melahirkan Dengan Normal



Tips Mengurangi Rasa Cemas Pasca Melahirkan untuk Ibu Baru

Di era yang serba canggih dan modern seperti sekarang ini, sekarang kita bisa tahu kapan bayi lahir dengan menggunakan kalkulator kehamilan. Namun juga tampaknya kebanyakan calon ibu lebih memilih melahirkan secara Caesar ketimbang melahirkan normal. Pasalnya, mereka beranggapan bahwa melahirkan secara Caesar itu tidak terlalu menyakitkan dan prosesnya tidak selama seperti melahirkan normal. Padahal, melahirkan Caesar pun bisa menimbulkan beragam efek samping yang salah satunya bekas luka jahitan di perut.

Selain dapat merusak penampilan di area perut, bekas luka jahitan itu kerap menimbulkan rasa sakit yang cukup menyiksa. Bukan hanya itu, operasi Caesar juga tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit lho! Tapi bunda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips agar bisa melahirkan dengan normal. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

1. Mengonsumsi Makanan Yang Bergizi Seimbang

Konsep gizi seimbang bagi para ibu hamil itu melipputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Bukan hanya itu, selama kehamilan juga membutuhkan beragam jenis vitamin seperti A, B, C, dan E yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan hormone di tahap akhir kehamilan. Terlebih untuk jenis vitamin K, yang memang fungsinya untuk membantu dalam pembekuan darah serta mengurangi kemungkinan pendarahan saat melahirkan. Adapun mengenai berbagai jenis makanan yang dianjurkan bagi para ibu hamil, seperti telur, umbi-umbian, sayuran berdaun hijau, susu, buah-buahan, dan lain sebagainya.

2. Melakukan Aktivitas Ringan

Pada dasarnya, setiap ibu hamil itu memang harus memperbanyak waktu istirahatnya. Namun, bukan berarti juga bahwa bunda harus berdiam diri seharian lho. Agar proses persalinannya nanti lancar, bunda harus melakukan aktivitas ringan seperti jalan santai, senam, dan olahraga ringan lainnya. Bukan hanya itu, olahraga ringan tersebut juga dapat meredakan ketegangan dan membuat pikiran lebih focus terhadap hal lain selain rasa sakit.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Perlu bunda ketahui, bahwa berat badan yang ideal ini memiliki peranan yang cukup penting dalam mendukung proses persalinan normal. Dengan kata lain, berat badan bunda tidak boleh berlebihan dan tidak juga terlalu kurus. Menurut para pakar kehamilan, yang menyebutkan bahwa ibu hamil dengan berat badan ideal itu memiliki komplikasi yang jauh lebih sedikit ketimbang mereka yang berat badannya tidak ideal.

4. Melakukan Latihan Teknik Pernafasan

Pernafasan merupakan hal yang paling penting dalam proses persalinan. Menurut informasi yang di dapat, teknik pernfasan yang benar diyakini bisa membantu ibu hamil dalam proses persalinan untuk beradaptasi dengan rasa sakit yang lebih baik, serta membantu untuk menenangkan pikiran. Tak hanya itu, teknik pernafasan yang benar juga dapat membantu dalam mengatur kontraksi ritmis dan gerakan mendorong janin keluar yang lebih baik serta efisien. Untuk melatih teknik pernafasan dengan benar, ada baiknya jika bunda mengikuti yoga maupun senam hamil dari instruktur yang professional.

5. Rutin Mengonsumsi Buah Kurma

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah manis asal Timur Tengah yang satu ini? Dibalik rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, ternyata buah kurma memiliki senyawa kimia yang mirip dengan oktosin (hormone yang bisa menyebabkan kontraksi). Bahkan yang lebih hebatnya lagi, buah kurma sudah terbukti efektif dalam melebarkan serviks (rahim) yang dapat membantu untuk menjalani proses persalinan yang mudah dan lancar.

Itulah beberapa tips yang harus bunda lakukan agar bisa melahirkan dengan normal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *